Hai Sahabat Kata,

Siang yang cukup panas kali ini dan suasana Ramadhan yang kurang berasa menurutku. Kali ini aku akan berbagi tips diet yang sudah aku lakukan sejak november 2014 hingga saat ini masih aku pertahankan. Aku menyebutnya DIET STAGEN.

Sebelum masuk pada langkah diet aku jelaskan lebih dulu apa tujuanku berdiet:

  1. Membuat BB ideal. TB 158 cm, BB 67Kg saat itu. Target 50 kg
  2. Membuat napas lebih panjang.
  3. Mengurangi risiko penyakit jantung karena hasil dari rekam jantungku ternyata detak dari bilik kanan dan bilik kiri itu tidak bersamaan.
  4. Mengurangi risiko diabetes melitus karena aku punya keturunan yaitu nenek dari mamaku dan papaku sendiri.

Kemudian aku olahraga dan mencari instruktur untuk melakukan itu. Ternyata kata instrukturku:

  1. Pilih saja olah raga yang menyenangkan.
  2. Atur porsi makan.
  3. Istirahat yang cukup.
  4. Maksimal turun 2kg dalam sebulan, agar tidak jadi penyakit!

Kata kunci pertama adalah Atur porsi makan. Wow! susah pasti ya menekan porsi yang biasa banyak kemudian harus dibatasi. Apalagi aku paling anti dengan makanan sisa. Aha, aku ingat cara tradisional yang dilakukan oleh nenekku, Stagen. Stagen adalah kain panjang biasanya 5-10m yang lebarnya sekitar 10 cm dan cara memakainya adaah dililitkan dari panggul hingga bawah tulang rusuk. Fungsinya menekan rongga perut. Stagen dapat dibeli di pasar tradisional untuk per 5 meter dengan harga sekitar 23-25 ribu di daerah jogja.

Kenapa harus stagen, tidak korset? begitu pertanyaan teman-temanku. Korset itu, seelastis apapun dia akan melar, tapi stagen, dia akan sebaliknya bisa dikencangkan sesuai keinginan kita.

Bagaimana rasanya menggunakan stagen? Hem, susah sih awalnya, pasti lepas-lepas atau melipat dan menyatu seperti tali melilit peru. Kalau pun rapi pasti ada sisa dagig yang muncul di bagian atas. Pada awalnya aku menggunakan stagen 4jam per hari, tapi setelah terbiasa max 8jam per hari. Pernah aku menggunakan stagen 24 jam saat perjalanan ke Madura menggunakan motor, wuh, tulangku serasa nyeri semua. Aku menggunakan stagen setelah mandi pagi atau kalau bepergian jauh. Kalau dirumah tak perlu misalnya Sabtu atau Minggu. Ok itu masalah stagen.

Olah raga, aku lebih suka dengan jalan kaki, lari, mendaki, disko dan berenang. Ini adalah olah raga favoritku selain sekalian piknik tubuhku juga sehat. Paling mudah adalah jalan kaki, tidak harus jauh, dan sangat mudah dilakukan sehari-hari. Jalan dari kamar ke dapur, berdiri dan pindah tempat setelah duduk 2 jam, ke kamar mandi, main ke rumah tetangga, ke warung. Lari, mungkin perlu waktu khusus begitu juga dengan mendaki gunung. Berenang bisa dilakukan seminggu sekali. Disko, aku lebih suka melakukannya ketika di kost atau saat sambil menulis. Mungkin agak aneh bagaimana bisa disko sambil menulis. Yah, sambil duduk mungkin sesekali ketika capek menggerakkan badan sambil duduk atau menggoyangkan kaki sesuai irama. Terpenting adalah bergerak. Aku lebih suka musik remik.

Makanan dan cara mengaturnya. 

Dua bulan pertama, aku mengganti sarapan dan makan malamku dengan smooties sayuran dan buah-buahan. Kombinasinya juga sesuai kesukaan. yang pasti sesuaikan dengan kondisi tubuh. Siang hari aku makan nasi sebanyak-banyaknya. Bebas mau maka gorengan, ayam, telur, apapun.

Dua bulan kedua, aku mengganti smooties dengan jus. Makan nasi sehari 2 kali dengan takaran 1 kali makan menjadi dua kali makan. Jam makan bebas sesuaikan dengan kebutuhan. Kurangi makan gorengan. Jika biasanya sehari makan gorengan 6. Minggu pertama makanlah gorengan 4 saja, begitu seterusnya sampai kamu bisa makan gorengan 2 hari sekali saja. tapi makannya maksimal 4 gorengan aja ya. Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari. Buah dan sayur dibanyakin. Minum susu boleh juga, sesuai kesukaan juga. hahaha nikmatkan diet stagen ini.

Yakin bisa berhasil. Ini yang penting keyakinan berhasil, punya tujuan yang jelas, dan melakukannnya dengan riang gembira serta sabar pasti berhasil. Karena aku berhasil sudah turun 7 Kg di bulan Juni 2015. Kalau kamu bisa menggunakan stagen dan tahan 8 jam aku yakin rongga perutmu akan mengecil kemudian kamu akan mudah kenyang :).

Efek. Ketika berat badanmu turun, badanmu tidak akan kendur karena diiringi olah raga dan penurunan berat badan tidak turun drastis. Aku sekarang bisa tahan seharian tidak makan nasi. Bahkan ketika sehari makan nasi 3x badanku akan merasa mudah capek dan lemes seperti orang masuk angin. Tidak mudah lelah.

Sahabat Kata, kalau kalian hendak mencoba diet stagen ini, konsultasikan dulu dengan dokter pribadimu. Setidaknya kamu tahu kondisi dan kebutuhan tubuhmu. Hentikan diet ketika kamu menjadi sakit. Selamat mencoba semoga berhasil. Salam Sehat.

