Semalam aku nonton film aashiqui2 banyak hal yang aku dapat dari film india berdurasi sekitar dua jam. Film itu bercerita tentang seorang penyanyi bernama Rahul Jayekar. Dia solo vokal yang amat sangat terkenal dan tampan. Sifat buruknya adalah dia pemabuk dan pecandu narkoba. Tentu karakternya temperamental dan mudah tersinggung. Suatu ketika saat dia naik pentas salah satu penonton melempar kaleng minuman kepadanya. RJ begitu nama tenarnya langsung naik pitam dan turun panggung kemudian berkelahi dengan pelempar kaleng itu. Kemudian pergi dalam kondisi marah dan menenggak alkohol dengan mengendarai mobil.

RJ kaget ketika tiba-tiba seorang permpuan berjalan di depan mobilnya. Ia pun kaget dan membanting setirnya ke kiri hingga menabrak pohon. Kap depan mobil itu ringsek, asap pun mengepul dari dalamnya. Perempuan berambut panjang bergelombang yang mengenakan potongan kaos ketat dan rok panjang  tiba-tiba marah kepada RJ. Sayuran semacam tomat dan kentang terburai di jalanan akibat perempuan berambut gelombang itu kaget karena hendak ditabrak RJ. Ia meminta RJ untuk memunguti semua barang yang terburai.

Singkat cerita ternyata perempuan berambut gelombang itu seorang penyanyi bar. Suaranya sungguh indah bahkan perempuan itu mampu menyanyikan lagu RJ dengan begitu bagusnya. RJ yang melihat perempuan itu nyanyi di bar kemudian berusaha untuk mengorbitkannya. Aarohi nama perempuan itu. Ia anak perempuan tunggal dari keluarga tak mampu. Dia juga mau bekerja apa pun asal dapat uang.

Tidak semulus yang dibayangkan Aarohi untuk menjadi bintang. Manager RJ menghalang-halangi niat RJ untuk mengorbitkan Aarohi. Yah, namanya juga niat baik atau memang niat sutradara yang baik, akhirnya Aarohi pun terkenal lebih terkenal dari RJ.

Seiring naiknya karir Aarohi turunlah si RJ. banyak cemooh yang dia dapat dari penggemarnya dulu. Tuduhan demi tuduhan mampir ketelinga RJ, langsung. mulai dari orbitan Aarohi adalah setingan sampai dengan Aarohi pernah dia “pake.” Mental RJ memang tak sekuat baja. Ia sungguh terpukul maka kembalilah ia pada alkohol. sampai ia benar-benar kehabisan uang karena ia tak mungkin rekaman lagi. Suaranya berubah.

Namanya juga film 2 manusia itu saling jatuh cinta. Aarohi yang merasa utang budi pun pernah membiarkan panggilan produser rekaman demi menggembalikan mental Rahul. Ia berucap “Aku bukan siapa-siapa tanpa Rahul.” Segala usaha Aarohi merawat Rahul sampai benar-benar ia memastikan bahwa Rahul membaik dan meninggalkan Alkohol.

Saat Rahul mulai move on dari alkohol datanglah lagi cemoohan kepadanya soal Aarohi. Sekuat tenaga ia menahan untuk tak menghampiri Alkohol. Lagi, ia menenggaknya dan kembali untuk pergi selamanya. Yah setelah semalaman ia berada di samping Aarohi orang yang dia kasihi. Ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jembatan. Aarohi pun sangat melihat kekasihnya mati dengan cara mengenaskan begini. Ketika ia sudah merasa mengembalikan mental RJ.

Pelajaran berharga dalam film ini adalah:

1. Masalah bukan untuk dihindari, tapi untuk diselesaikan

2. Ketulusan tak pernah bisa digeser oleh apa pun.

3. Cinta bukan untuk mencari kesempurnaan, tapi untuk menyempurnakan.

4. Sekecil apa pun usaha pasti berbuah hasil.

5. menjadi seorang yang logis itu baik tapi sesekali gunakan intuisi untuk sebuah keputusan.

6. Perempuan penyeimbang kehidupan.

7. Perempuan pemelihara kasih, ketulusan, dan kepercayaan.

Advertisements