Selamat Malam, Sabahat Kata.

Malam ini aku akan berbagi soal salah satu olah raga favoritku. Sebagian orang mimungkin berpandangan buruk terhadap olah raga ini. Bagaiman tidak, Bilyard tersohor dengan perilaku lelaki, rokok, dan minuman keras, adapun perempuan pasti dicap perempuan bawaan. Tapi pada dasarnya aku mencintai olah raga ini karena ada olah pikir dalam permainannya. Ok mari kita mengenal bilyard, aku copas info ini dari http://midnightpool.wordpress.com/2012/05/23/macam-macam-permainan-billiard/ berikut penjelasannya:

Ada beberapa macam permainan biliard yaitu :

  • nine ball (permainan bola sembilan)
  • eight ball (permainan bola delapan)
  • bola pembunuh

PENGERTIAN “NINE BALL” BOLA SEMBILAN

PERATURAN BOLA 9 (NINE BALL)

Bola yang digunakan adalah 9 buah bola angka yang bernomor 1 s/d 9 dan sebuah bola putih sebagai gundu ( cue ball ).

SUSUNAN BOLA ANGKA PADA SAAT BREAK

Sebelum break bola angka di susun dengan kofigurasi “diamond” dengan ketentuan : Bola 1 ( satu ) dititik spot dan bola 9 ( sembilan ) di tengah. Bola angka lainnya ( bola 2 s/d bola 8 ) bebas ditempatkan dimana saja.

TUJUAN PERMAINAN.

Permainan yang terlebih dahulu memasukan bola 9 ( sembilan ) secara sah, adalah pemenang pada game itu PUSH OUT ( SHOOT OUT ).Pemain yang mendapatkan giliran memukul setelah break yang sah boleh melakukan “push out” kesempatan ini hanya satu kali dalam setiap game dan hanya boleh dipakai setelah break yaitu pada pukulan pertama / first out.

DEFINISI

Push out adalah suatu pukulan pelanggaran yang di anggap / dinyatakan tidak pelanggaran. Dalam melakukan push out, pemain harus memukul bola putih secara sah (jika bola putih masuk lobang atau melompat maka tetap dianggap pelanggaran).
Pukulan yang diperbolehkan pada saat push out adalah – memukul bola putih tanpa menyentuh apapun ( tidak menyentuh bola sasaran, bola angka lain atau ban – memukul bola angka lain ( bukan bola sasaran ) dan tidak memenuhi ketentuan safety ( jika bola sasaran atau bola angka lain yang masuk pada pukulan ini, maka bola tersebut tidak dikembalikan ke bidang permainan ( kecuali bola 9 sembilan). Pukulan selain ketentuan diatas tetap dinyatakan pelanggaran.

PEMBERITAHUAN PUSH OUT

Pemain yang akan melakukan push out wajib memberitahukan maksudnya tersebut terlebih dahulu kepada wasit untuk diteruskan kepada pemain lawan. Jika tidak pukulan dianggap pululan biasa (ketentuan push out tidak berlaku)

KETENTUAN GILIRAN SETELAH PUSH OUT

Setelah seseorang pemain melakukan push out, maka giliran selesai pemain lawan mempunyai pilihan untuk :
I. Melanjutkan permainan dengan posisi yang ada
II. Pass yaitu melemparkan gilirannya kepada pemain yang melakukan push out tadi untuk meneruskan permainan, sedangkan pemain yang melakukan push out tersebut harus melakukan gilirannya kembali

KETENTUAN ( POSISI BOLA PUTIH ) SETELAH PELANGGARAN

Jika terjadi pelanggaran maka pemain lawan meneruskan permainan dengan posisi yang ada. Dalam keadaan ini bola putih boleh diangkat dan ditempatkan / diletakkan bebas di bidang permainan manapun.

BOLA SASARAN & BOLA ANGKA LAINNYA YANG MASUK/ MELOMPAT KELUAR PADA PELANGGARAN

Bola sasaran atau bola angka lainnya yang masuk / melompat keluar pada saat pelanggaran tidak dikembalikan ke bidang permainan kecuali bola 9

POSISI PENEMPATAN BOLA 9 ( SEMBILAN )

Bola 9 yang masuk / melompat keluar pada saat pelanggaran atau push out, harus dikembalikan ke bidang permainan yaitu tetap pada titik spot Jika di titik spot ada bola lain yang menghalangi penempatannya maka bola 9 diletakkan pada long string sedekat mungkin dengan titik spot

PELANGGARAN 3 X BERTURUT – TURUT

Jika seseorang pemain melakukan pelanggaran 3 x berturut – turut dalam satu game, maka dinyatakan kalah pada game tersebut. Wasit harus memberikan peringatan kepada pemain yang telah melakukan pelanggaran 2 x berturut (jika lupa maka lawannya berhak mengingatkan wasit ) Jika tidak ada peringatan, maka pelanggaran yang terjadi pada pukulan ke 3 tidak di hitung (dianggap tidak ada ) berarti pemain tersebut baru melakukan pelanggaran 2 x berturut – turut

PELANGGARAN

Apabila saat hendak memukul bola lainnya terkena anggota badan atau stick atau sehingga merubah bola lainnya maka dianggap pelanggaran. Apabila saat hendak memukul kedua kaki tidak berpijak di bawah maka dianggap pelanggaran. Satu kaki harus berpijak di bawah.

Ini ceritaku:

Aku mengenal bilyard sejak duduk dibangku SD. Entah apa yang membuatku gemar dengan olah raga ini. Waktu itu karena aku masih kecil maka oleh orang tuaku aku dibelikan mini bilyard yang sangat kecil itu mungkin harganya Rp 10.000,- kala itu. Pertama kali aku memegang stick bilyard ketika aku kelas 2 SMA. Kemudian berlanjut ketika aku Kuliah bersama teman kerjaku aku bermain bilyard setiap akhir pekan. Ada alasan mengapa aku menggemari olah raga yang mahal ini daripada jogging.

Bilyard memaksa aku harus berpikir. Ada peluang 9/6 pada setiap bola. Bermain bilyard harus memasukkan angka 9 untuk menang. Jika bermain bilyard ini diibaratkan pada kehidupan, maka seperti ini:

  1. Angka 9 = angka tertinggi = Target hidup, sebagai manusia kita harus mencapai pada posisi terbaik. Baik posisi pendidikan, karir, mau pun kemapanan hidup. Ketercapaian itu harus memiliki waktu dengan cara yang sportif, efisien, dan efektif.
  2. Sudut sodok, kadang posisi bola sasaran tidak tepat dengan posisi bola putih. Pemain harus bisa memperkirakan besaran sudut untuk memantulkan bola putih pada sisi meja atau men-jumping kan bola putih untuk mengnai bola sasar. Tidak sedikit orang yang putus asa pada posisi yang dianggap sulit seperti ini. Padahal masih ada pertolongan yang bisa diharapkan dari lingkungan sekitar. Bicara soal pertolongan dalam bermain bilyard ada yang namanya stick tumpu. Stick ini di desain khusus untuk memperpanjang tangan jika tidak bisa memberikan tumpuan.
  3. Kekuatan Sodokan, Adakalanya sodokan dengan tekanan yang cukup atau sekedar dorongan. Sodokan dengan kekuatan penuh berlaku saat memecah bola di awal permainan dan jika bola sasaran jauh. Sodokan cukup seperti dorongan ketika bola sasaran dekat dengan lubang. Hidup kadang harus bekerja keras dan kadang bekerja biasa-biasa saja. Begitu juga dalam pekerjaan atau pun pendidikan, ada kalanya mengejar waktu harus segera selesai tapi kadang kita lupa dengan lingkungan yang mungkin tidak bisa mengimbangi ritme kerja kita.
  4. Tumpuan, Tumpuan stik ini mempengaruhi kekuatan dan kestabilan sodokan. Semakin dekat tumpuan dengan bola putih pasti bola itu tetap dalam meja, kalau tidak bisa jadi bola putih keluar dari meja atau bahkan sodokan meleset. Jika kita memiliki impian janganlah jauh-jauh dari apa yang dimimpikan, fokus pada apa yang dilakukan.
  5. Menikmati dan sabar. Bermain bilyard kalau dengan emosi akan mempengaruhi setiap gerakan dan mengacaukan strategi, bukan angka 9 yang di dapat tapi memasukkan satu bola saja pasti tidak bisa atau bahkan bola putih yang masuk. Begitu juga hidup yang hanya sekali dijalani maka nikmati dan bersabarlah ketika semua usaha sudah dilakukan dan ternyata belum memperoleh hasil.

Keuntungan pada kesehatan fisikku:

  1. Koordinasi mataku lebih baik, melihat pada fokus, sehingga melatih ketajaman pandangan. Maklum aku minus 2,5
  2. Sakit pinggungku berkurang. Posisi seperti rukuk saat menyodok bahkan memastikan untuk mensejajarkan badan dengan meja membuat punggungku lurus dan lebih nyaman.
  3. Kekuatan kaki. Posisi kaki kadang harus kuda-kuda atau hanya menggunakan satu kaki untuk menahan tubuh karen abola jauh dari jangkauan. Karena aku memiliki masalah dengan lutut kini lututku juga membaik.
  4. perut, mungkin efeknhya tidak begitu besar tapi otot-otot perutku mengalami penarikat, lumayan mendukung program diet.
  5. Otot lengan dan dada juga kencang karena ada posisi bertahan saat melakuakn sodokan.

Mungkin sudah segitu aja informasi kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements